Batu Ginjal

Batu Ginjal yang ada di dalam saluran kemih atau kalkulu uriner merupakan massa keras seperti batu yang terbentuk di sepanjang saluran kemih dan dapat menyebabkan rasa nyeri, perdarahan, penyumbatan atau aliran kemih atau infeksi. Batu ini bisa terbentuk di dalam ginjal (batu ginjal) maupun di dalam kandung kemih (batu kandung kemih). Proses pembentukan batu ini disebut urolitiasis (liasis renalis, nefrolitiasis).

Gejala

Batu Ginjal, terutama batu yang kecil, bisa saja tidak menimbulkan gejala apapun. Batu yang berada di dalam kandung kemih dapat menyebabkan rasa nyeri di perut bagian awah. Batu yang menyumbat ureter, pelvis renalis maupun tubulus renalis bisa menyebabkan nyeri punggung atau kolik renalis (nyeri kolik yang sangat hebat). Kolik renalis ditandai dengan nyeri hebat yang hilang-timbul, biasanya pada daerah tulang rusuk dan tulang pinggang, lalu menjalar ke perut, daerah kemaluan dan paha sebelah dalam. Gejala lainnya adalah mual dan muntah, perut menggelembung, demam, menggigil dan darah di dalam air kemih. Penderita mungkin jadi sering berkemih, terutama ketika batu melewati ureter. Batu dapat menyebabkan infeksi saluran kemih. Jika batu menyumbat aliran kemih, maka bakteri akan terperangkap di dalam air kemih yang terkumpul di atas penyumbatan, sehingga terjadilah infeksi. Jika penyumbatan ini berlangsung lama, air kemih akan mengalir balik ke saluran di dalam ginjal, kemudian menyebabkan penekanan yang akan menggelembungkan ginjal (hidronefrosis) dan pada akhirnya bisa terjadi kerusakan ginjal.

Diagnosa

Tingkat kesadaran masyarakat terhadap penyakit batu ginjal ini masih sangat rendah. Tidak sedikit masyarakat beranggapan kelainan yang muncul akibat batu ginjal sebagai sakit maag, biasanya karena gejalanya memang mirip. Baru setelah general check up masalah ini terungkap.

Batu yang menyebabkan nyeri biasanya didiagnosis berdasarkan gejala kolik renalis, disertai dengan adanya nyeri tekan pada punggung dan selangkangan atau nyeri pada daerah kemaluan tanpa ada penyebab yang jelas. Dengan melakukan analisa air kemih mikroskopik, bisa menunjukkan adanya darah, nanah atau kristal yang kecil. Biasanya tidak perlu dilakukan pemeriksaan lainnya, kecuali jika nyeri menetap lebih dari beberapa jam atau diagnosisnya belum pasti. Pengumpulan air kemih selama 24 jam dan pengambilan contoh darah untuk menilai kadar kalsium, sistin, asam urat dan bahan lainnya yang bisa menyebabkan terjadinya batu ginjal sangat membantu untuk pemeriksaan tambahan dalam menegakkan diagnosis. Rontgen perut bisa menunjukkan adanya batu kalsium dan batu struvit. Pemeriksaan lainnya yang mungkin perlu dilakukan adalah urografi intravena dan urogafi retrograd.

Pengobatan

Batu kecil yang tidak menyebabkan gejala, penyumbatan atau infeksi, biasanya tidak perlu diobati. Minum banyak cairan maka akan meningkatkan pembentukan air kemih dan membantu membuang beberapa batu; jika batu telah terbuang, maka tidak perlu lagi dilakukan pengobatan segera. Kolik renalis bisa dikurangi dengan obat pereda nyeri golongan narkotik. Batu di dalam pelvis renalis atau bagian ureter paling atas yang berukuran 1 sentimeter atau kurang seringkali bisa dipecahkan oleh gelombang ultrasonik (extracorporeal shock wave lithotripsy, ESWL). Lalu pecahan batu selanjutnya akan dibuang dalam air kemih. Kadang sebuah batu diangkat melalui suatu sayatan kecil di kulit (percutaneous nephrolithotomy, nefrolitotomi perkutaneus), yang diikuti dengan pengobatan ultrasonik. Batu kecil di dalam ureter bagian bawah bisa diangkat dengan endoskopi yang dimasukkan melalui uretra dan masuk ke dalam kandung kemih. Batu asam urat kadang akan larut secara bertahap pada suasana air kemih yang basa (misalnya dengan memberikan kalium sitrat), tetapi batu lainnya tidak dapat diatasi dengan cara ini. Batu asam urat yang lebih besar, yang menyebabkan penyumbatan, perlu diangkat melalui pembedahan. Adanya batu struvit menunjukkan terjadinya infeksi saluran kemih, karena itu diberikan antibiotik.

Pencegahan

Tindakan pencegahan pembentukan batu tergantung kepada komposisi batu yang ditemukan pada penderita. Batu tersebut dianalisis dan dilakukan pengukuran kadar bahan yang bisa menyebabkan terjadinya batu di dalam air kemih.

Konsumsi makanan bergizi seimbang sesuai kebutuhan dan lakukan olahraga secara teratur. Jangan membiasakan diri mengkonsumsi jenis makanan yang gizinya tidak seimbang seperti fast food dan junk food atau menggunakan bahan tambahan kimiawi seperti pengawet, pemanis dan perwarna karena menuntut ginjal dan hati bekerja lebih keras untuk menyaring dan menetralkan senyawa tersebut.

Perbanyak konsumsi sayuran dan buah yang mengandung vitamin A. Vitamin A sangat baik dan penting untuk kesehatan saluran kemih, sedangkan vitamin B terutama B6 dapat menurunkan kadar oksalat dalam darah sehingga mengurangi resiko pembentukan batu ginjal. Minum air putih 2-3 liter per hari. Dengan mengkonsumsi air yang cukup, sisa-sisa makanan terbuang melalui urin sehingga tidak mengendap menjadi batu ginjal.

Hindari kebiasaan menahan atau menunda buang air kecil karena bisa berbalik ke atas sehingga mengakibatkan infeksi.

Hentikan kebiasaan merokok.

Hindari menggunakan obat-obatan secara sembarangan seperti antibiotik dan anti nyeri karena dapat merusak ginjal.

Cara Pemesanan Obat Batu Ginjal

Obat Batu Ginjal Tradisional, Alami dan Herbal Untuk Membantu Meluruhkan Batu Oksalat Di Ginjal dan Saluran Kemih

Harga Obat Batu Ginjal

Produk Obat Batu Ginjal Alami

Harga Obat Batu Ginjal 1 Botol Isi 60 Kapsul = Rp.145.000,-

(Untuk Pemakaian 10-20 Hari)

Paket HEMAT Setiap Beli 3 Botol GRATIS 1 Botol

Paket Hemat Obat Batu Ginjal Alami dan Herbal

Paket HEMAT Setiap Beli 3 GRATIS 1 Total Rp.580.000 Jadi Rp.435.000

(Dapat 4 Botol dan Hemat Rp.145.000)

(Untuk Pemakaian 40-60 Hari)

Cara Pemesanan Cepat Obat Batu Ginjal:

SMS ke 0818-0773-0772 , tuliskan : Pesan Gin-Gin Obat Batu Ginjal, Jumlah Botol yang dipesan atau Beli Berapa Paket Hemat 3botol gratis 1botol, Nama Anda, Alamat Kirim Lengkap dan Pembayaran Via Bank Apa


=====================================

>>> Obat Batu Ginjal Herbal Untuk Membantu Meluruhkan Batu Oksalat Di Ginjal dan Saluran Kemih, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in batu ginjal and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.